Monday, October 14, 2013

Nyari judul Skripsi itu sulit ya?

Hay Hay Hay...
Selamat bertemu lagi ^^ (sok akrab banget ya).

hmmm kali ini kita bahas hal sakral skripsi yuk!! Hehe

Untuk anak yang lahir di tahun 90-an, dilema yang saat ini sedang menjadi 'current issue' adalah skripsi atau tugas akhir. Dikejar-kejar dosen buat judul skripsi, dikejar deadline nikah sama orang tua. Sungguh menyebalkan bukan? Emang nyari judul skripsi segampang nyari judul sinetron ya? judul sinetron aja udah pada ga kratif, apalagi judul skripsi. Ya ga??

Oke mungkin aku bisa sedikit berbagi tips mencari judul skripsi.
1. Cari hal yang membuatmu tertarik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari kedalam hatimu sendiri hal-hal yang menjadi passion kamu. Si doi ga termasuk ya, masa iya nanti kamu mau bikin judul skripsi "Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Rasa Sayang si Doi". Hush hush.. Buang jauh-jauh pikiran tentang itu. Ingat! Mau sebagus apapun judulnya, dosen pembimbingmu tidak akan pernah menyetujuinya.

2. Pastikan terlebih dahulu idemu itu sesuai dengan kemampuanmu

Nah ini nih yang biasanya menjadi penghambat. Iya sih idenya bagus, update pula, tapi kalo kemampuanmu ga nyampe itu malah akan menjadi penghambat. Come on broo, ini hidup dan matimu, emang lo mau jadi kuncen kampus gara-gara disusahin sama ulah lo sendiri?

3. Mencari referensi ide yang sesuai dengan idemu

Ini nih salah satu langkah pentingnya, kamu harus mencai referensi yang bisa menguatkan dan meyakinkan dosen pembimbingmu agar ide yang kamu ajukan itu disetujui. Ini nih alat perangmu. Cari sebanyak-banyaknya ya. Tapi inget dibaca. Biar kamu tau kelebihan dan kekurangan dari ide yang kamu ajukan itu.

4. Sharing dengan teman, dosen atau alumni

Jangan mentang-mentang IPK lo udah 4,55 lantas lo berubah menjadi makhuk yang somse. Udah ga zaman brooo.. Kalo lo manusia sejati lo pasti butuh orang lain bro, emang lo mau hidup sendirian di muka bumi ini? Bagaikan dunia milik sendiri gitu? Apa salahnya sharing sih bro, ilmu lo ga akan kabur juga kan? malah sangat mungkin ilmu lo bertambah, dan mungkin aja ada ide segar sesegar rujak ditengah terik matahari yang mengalir keluar dari otakmu.

5. Ingat ini masih ide dan belum judul ya, karena untuk membuat satu kalimat judul itu perlu meditasi yang lama. Ya, seperti yang diketahui, judul itu menggambarkan keseluruhan penelitian yang kita lakukan. Tidak hanya menggambarkan aspek yang ditelitidan objek penelitiannya, tetapi juga instrumen yang akan kita gunakan untuk membuktikan hipotesis kita. Pokoknya ane sarankan kamu harus dan wajib bimbingan dengan dosen bukan pacar atau mertua  untuk meramu satu kalimat sakral ini

hmmm oke mungkin sekian dulu deh ya, ane mau meditasi lagi buat menulis artikel-artikel selanjutnya. Selamat bermeditasi dan berhubungan baik dengan skripsi. ^^

2 comments: