OST Gu Family Book (구가의 서) [FULL] Download

OST Gu Family Book (구가의 서) [FULL] Download

Kepribadian Wanita dari Bentuk Bibir

Kepribadian Wanita dari Bentuk Bibir

Download Complete Drama "I Hear Your Voice"

Download Complete Drama "I Hear Your Voice"

Kenapa Harus Flipped Classroom?

Kenapa Harus Flipped Classroom?

Cara Membaca Karakter Seseorang Lewat Bentuk Wajah

Cara Membaca Karakter Seseorang Lewat Bentuk Wajah

Sunday, October 20, 2013

Masa Lalu adalah bayangan

Hufh...
Dadaku sesak...
Air mata seketika mengalir...

Semua usahaku terasa percuma dengan hadirnya kabar itu
Sebuah kabar bahagia atas pernihakan sepasang anak manusia
Langit bagaikan runtuh dan hancur
Daratan bagaikan terbelah berkeping-keping

Sesaknya masih sama...
Seperti satu tahun lalu
Hanya waktu yang membedakan

Ya...
Sebuah harapan bodoh
Harapan yang terasa mustahil
dan memang berakhir sebagai harapan


Hati menjerit menahan sakti
Mulut seketika membisu
Tak ada kata yang dapat mengungkapkan

Hanya air mata yang bisa menjelaskan segala yang dirasa

Masa lalu bagaikan bayangan
Cerita dan kenangan yang tercipta
Yang indah untuk dikenang
Maupun yang mungkin tak ingin dikenang
Semua itu bagaikan bayangan

Sebuah bayangan selalu ada dan mengikuti
Dalam kondisi terang maupun gelap
Di dalam ruangan maupun di luar ruangan

Tak dapat dihilangkan
Selalu berwarna gelap

Bayangan itu...
Ingin rasanya menghilangkannya

Menghapusnya...
Melupakannya...
Dari bayangan indah yang selalu ku ukir

Monday, October 14, 2013

Nyari judul Skripsi itu sulit ya?

Hay Hay Hay...
Selamat bertemu lagi ^^ (sok akrab banget ya).

hmmm kali ini kita bahas hal sakral skripsi yuk!! Hehe

Untuk anak yang lahir di tahun 90-an, dilema yang saat ini sedang menjadi 'current issue' adalah skripsi atau tugas akhir. Dikejar-kejar dosen buat judul skripsi, dikejar deadline nikah sama orang tua. Sungguh menyebalkan bukan? Emang nyari judul skripsi segampang nyari judul sinetron ya? judul sinetron aja udah pada ga kratif, apalagi judul skripsi. Ya ga??

Oke mungkin aku bisa sedikit berbagi tips mencari judul skripsi.
1. Cari hal yang membuatmu tertarik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari kedalam hatimu sendiri hal-hal yang menjadi passion kamu. Si doi ga termasuk ya, masa iya nanti kamu mau bikin judul skripsi "Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Rasa Sayang si Doi". Hush hush.. Buang jauh-jauh pikiran tentang itu. Ingat! Mau sebagus apapun judulnya, dosen pembimbingmu tidak akan pernah menyetujuinya.

2. Pastikan terlebih dahulu idemu itu sesuai dengan kemampuanmu

Nah ini nih yang biasanya menjadi penghambat. Iya sih idenya bagus, update pula, tapi kalo kemampuanmu ga nyampe itu malah akan menjadi penghambat. Come on broo, ini hidup dan matimu, emang lo mau jadi kuncen kampus gara-gara disusahin sama ulah lo sendiri?

3. Mencari referensi ide yang sesuai dengan idemu

Ini nih salah satu langkah pentingnya, kamu harus mencai referensi yang bisa menguatkan dan meyakinkan dosen pembimbingmu agar ide yang kamu ajukan itu disetujui. Ini nih alat perangmu. Cari sebanyak-banyaknya ya. Tapi inget dibaca. Biar kamu tau kelebihan dan kekurangan dari ide yang kamu ajukan itu.

4. Sharing dengan teman, dosen atau alumni

Jangan mentang-mentang IPK lo udah 4,55 lantas lo berubah menjadi makhuk yang somse. Udah ga zaman brooo.. Kalo lo manusia sejati lo pasti butuh orang lain bro, emang lo mau hidup sendirian di muka bumi ini? Bagaikan dunia milik sendiri gitu? Apa salahnya sharing sih bro, ilmu lo ga akan kabur juga kan? malah sangat mungkin ilmu lo bertambah, dan mungkin aja ada ide segar sesegar rujak ditengah terik matahari yang mengalir keluar dari otakmu.

5. Ingat ini masih ide dan belum judul ya, karena untuk membuat satu kalimat judul itu perlu meditasi yang lama. Ya, seperti yang diketahui, judul itu menggambarkan keseluruhan penelitian yang kita lakukan. Tidak hanya menggambarkan aspek yang ditelitidan objek penelitiannya, tetapi juga instrumen yang akan kita gunakan untuk membuktikan hipotesis kita. Pokoknya ane sarankan kamu harus dan wajib bimbingan dengan dosen bukan pacar atau mertua  untuk meramu satu kalimat sakral ini

hmmm oke mungkin sekian dulu deh ya, ane mau meditasi lagi buat menulis artikel-artikel selanjutnya. Selamat bermeditasi dan berhubungan baik dengan skripsi. ^^

Memilah-milih Flipped Classroom Tools

Banyak cara (metode dan model) pembelajaran yang dapat dimanfaaatkan oleh guru dalam menyampaikan materinya, salah satunya adalah model pembelajaran yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini, yaitu Flipped classroom. Flipped calssroom merupakan salah satu pilihan model pembelajaran yang secara tidak langsungmemaksa siswa untuk mempelajari terlebih dahulu materi pelajaran, sebelum guru menyampaikannya di kelas.
Melalui media digital (video / ebook) yang digunakan, model ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas dan motivasi belajar siswa yang sebelumnya hanya mengandalkan (bc. Menunggu) guru berceramah di dalam kelas. Materi yang disediakan dalam bentuk digital, yg dapat dipelajari di luar kelas akan memudahkan siswa dalam menyerap konsep dan materi yang diberikan, karena mereka dapat belajar di mana saja dalam suasana yang nyaman. Materi disajikan dalam bentuk visual juga memudahkan mereka untuk mempelajari kembali materi secara berulang-ulang.
Pengemasan materi pembelajaran yang akan digunakan pada flipped claasroom ini tidak lepas dari berbagai software yang mensupportnya. Berikut beberapa tool yang dapat dimanfaatkan guru sebagai media pendukung model pembelajaran flipped classroom baik yang online maupun offline :
  • Video Creator:
Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat/mengedit video, seperti CamtasiaWindows Movie Maker, ScreenCast-O-Matic, ShowMe, Jing dan seterusnya. Saya merekomendasikan anda untuk memilih Camtasia :D
  • Video Content:
Sebuah situs yang akan menampung video anda secara online. Seperti Youtube EDU, TeacherTube, SchoolTube, BrainPOP, Khan Academy dan seterusnya. Melalui situs ini anda juga dapat berbagi konten pembelajaran berupa file PDF, PPT, Audio bahkan anda juga dapat berbagi foto-foto kegiatan anda di kelas. Saya merekomendasikan anda untuk memilih TeacherTube.
  • Blog dan Jejaring Sosial
Saat ini Blog dan Jejaring sosial banyak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terutama untuk berbagi informasi dan konten pembelajaran. Bahkan dengan menggunakan tool ini memungkinkan guru/siswa untuk berkolaborasi dengan guru/siswa dari sekolah lain. Contoh Jejaring sosial yang banyak digunakan untuk ini adalah Edmodo, Moodle, Schoology, Edu 2.0, Google +, Twitterdan seterusnya. Dan saya merekomendasikan anda untuk memilih Edmodo/Edu 2.0 (karena cukup simple :D )
  • E-book Creator
Selain menggunakan video, flipped classrom juga dapat menggunakan media digital book/e-book.Calibre, Sigil, MobiPocket, adalah salah satu contoh software pembuat e-book yang bisa anda pilih. Saya merekomendasikan untuk memilih Sigil :D
  • Presentation Creator
Untuk membuat presentasi yang menarik dan interaktif, anda dapat memanfaatkan situs-situs pembuat presentasi yang disediakan secara online seperti PreziPowToon dan seterusnya. Saya merekomendasikan untuk memilih Prezi ;)
  • Group Communication
Media untuk berkomunikasi antara guru dan siswa, seperti BigBlueButton, Skype, Yahoo Messeger, Google HangOut dan seterusnya. Saya merekomendasikan anda untuk memilih BBB (bigbluebutton) ;)
  • Digital Story Telling Creator
Sebuah tool yang dikembangkan untuk anak-anak dan digunakan untuk membuat konten kreatif digital berupa StoryTelling, seperti TikatokZooBurstAnimoto dan seterusnya. Saya merekomendasikan anda untuk memilih Tikatok :D
Dan masih banyak lagi tools pendukung lain yang dapat anda gunakan.
Dari beberapa pilihan website, mobile apps dan desktop apps yang sudah ditawarkan di atas, tentu anda sendiri yang dapat menentukan tools apa saja yang sesuai dengan kondisi dan lingkungan belajar siswa anda. Selamat memilih ya.. Mudah2an bermanfaat :D
Referensi

Kenapa harus flipped classroom?

Diakui atau tidak perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini sangat berpengaruh pada kebiasaandan cara belajar siswa dan mengajar guru di sekolah.
Dulu, saat saya masih di bangku sekolah, hampir sebagian besar waktu luang saya di sekolah, saya habiskan untuk mempelajari materi yang telah dan akan disampaikan oleh para guru. Saya selalu khawatir apabila tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh mereka. Karena selain malu, hukumannya pun lumayan berat :D
Berbeda dengan jaman sekarang, hampir sebagian besar waktu luang siswa di sekolah, yang seharusnya digunakan untuk belajar, dihabiskan untuk mengakses gadget, seperti SMS-an, FB-an, Twitter-an dan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan aktivitas belajar. Perkembangan teknologi yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran ternyata belum banyak dioptimalkan oleh siswa untuk mengakses pelajaran.
Begitu pula ketika awal saya mengajar, saat itu belum banyak teknologi komputer yang memfasilitasi saya dalam mengajar. Bahan ajar biasanya saya peroleh dari berbagai sumber belajar (buku) yang saya pinjam dari perpustakaan. Selanjutnya dari buku-buku tersebut, saya membuat rangkumannya dalam bentuk tulisan yang nantinya akan dicatat (disalin) oleh siswa/i saya, setelah saya selesai menjelaskan materi pelajaran. Sehingga, hampir sebagian besar waktu mengajar di kelas, habis untuk mencatat materi pelajaran.
Meski begitu, entah mengapa motivasi belajar siswa saya saat itu begitu tinggi. Suasana belajar di kelas pun menjadi sangat berkesan, sampai sekarang!
Berbeda dengan saat ini, meski cara mengajar guru banyak difasilitasi oleh teknologi, namun masih banyak di antara kita yang masih menggunakan metode dan model pembelajaran lama (biasanya ceramah), di mana proses pembelajaran masih berpusat pada guru.Bahkan terkadang guru merasa belum puas, jika saat mengajar tidak menjelaskan (ceramah). Siswanya pun mengaku belum diajar, jika belum diceramahi..he..he.
Yah, hal ini dikarenakan siswa sudah terbiasa duduk di kelas, mendengarkan guru berceramah, untuk menyampaikan materi pelajarannya.
Alasan klise “infrastruktur sekolah yang tidak mendukung”, biasanya menjadi alasan kenapa guru belum memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran di kelas.
Berangkat dari kenyataan di atas, maka diperlukan model ataupun metode pembelajaran yang dapat memotivasi guru dan siswa untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara benar untuk proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaranflipped classroom (Bc. Mari Beralih ke Flipped Classroom dan Memilah-milih Flipped Classroom Tools).
Kelebihan Flipped Classroom
Banyak alasan, kenapa flipped classroom saat ini menjadi salah satu pilihan penting dalam model pembelajaran kita. Berikut adalah beberapa kelebihan yang menjadi alasan kenapa kita perlu menggunakan model pembelajaran flipped classroom ini:
  • Bagi Siswa :
    • Siswa (dipaksa) memiliki waktu untuk mempelajari materi pelajaran di rumah sebelum guru menyampaikannya di kelas. Dengan demikian, siswa lebih mandiri dan tidak lagi hanya menunggu guru menyampaikan materi pelajarannya di kelas.
    • Siswa dapat mempelajari materi pelajaran dalam kondisi dan suasana yang nyaman sesuai dengan kemampuannya menerima materi. Siswa yang pintar dapat belajar secara cepat, sedangkan bagi siswa yang kurang mampu, mereka dapat mengulang materi pelajaran (video) sesukanya sampai mereka faham.
    • Setiap siswa bisa mendapatkan perhatian penuh dari guru saat mengalami kesulitan dalam memahami konsep maupun tugas/latihan/kuis. Hal ini dikarenakan di dalam kelas, guru hanya membahas (mereview) materi-materi yang menurut siswa sulit (saja). Atau, guru bisa meminta siswa yang sudah memahami materi, untuk membantu temannya yang belum faham. Dengan demikian dapat dipastikan setiap siswa telah memahami materi dengan baik.
    • Siswa dapat belajar dari berbagai jenis konten pembelajaran baik melalui video, website, aplikasi mobile atau jenis konten yang lain. Hal ini memudahkan siswa memahami materi pelajaran, dari pada siswa hanya belajar dari papan tulis atau buku.
  • Bagi guru :
    • Lebih efektif, karena materi disajikan dalam bentuk video, sehingga bisa digunakan berulang-ulang pada kelas yang lain.
    • Hemat waktu, karena guru tidak harus menjelaskan semua materi pelajaran, akan tetapi hanya bagian-bagian tertentu yang dianggap sulit oleh siswa.
    • Guru termotivasi untuk mempersiapkan materi pelajaran dalam berbagai jenis konten, baik berupa video, website, aplikasi mobile atau jenis konten yang lain. Sehingga pelaksanaan pembelajaran lebih terencana dan tertata dengan baik.
    • Guru semakin kreatif dalam membuat modul pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi yang memudahkan siswa dalam memahami konsep.
    • Terjalin komunikasi yang aktif antara guru dan siswa, karena pembelajaran di kelas lebih banyak dilakukan dengan berdiskusi (tanya jawab) di antara mereka.
Kelemahan Flipped classroom
Meski banyak keuntungan yang didapat dari pelaksanaan model pembelajaran flipped classroom, namun tetap saja ada kekurangannya, diantaranya adalah :
  • Tidak semua siswa/guru/sekolah memiliki akses terhadap perangkat teknologi informasi yang dibutuhkan, seperti komputer/laptop dan koneksi internet.
  • Tidak semua siswa merasa nyaman belajar di depan komputer/laptop. Padahal untuk melaksanakan model pembelajaran ini, siswa harus mengakses materi melalui perangkat tersebut.
  • Tidak semua siswa memiliki motivasi untuk belajar secara mandiri di rumah. Apalagi terhadap materi yang belum disampaikan oleh guru. Sehingga motivasi dari guru selalu dibutuhkan, agar siswa terbiasa mempelajari materi pelajaran secara mandiri, sebelum materi tersebut disampaikan oleh guru di kelas.
  • Butuh waktu lama bagi guru untuk mempersiapkan materi dalam bentuk video, terutama guru yang belum terbiasa membuat video pembelajaran.
Dari kelebihan dan kekurangan flipped classrom di atas, memang tidak mudah, bahkan butuh waktu untuk menyiapkan materi pembelajaran (video) dan menerapkannya di dalam kelas kita. Namun, tidak ada salahnya jika kita mulai mencoba menerapkan model pembelajaran ini, agar supaya siswa terbiasa dan tertantang untuk mempelajari sesuatu yang baru secara mandiri agar prestasi belajar semakin meningkat.
Mudah-mudahan bermanfaat :D
Referensi :
http://www.faronics.com/news/blog/4-benefits-of-the-flipped-classroom/

"Partikel Tuhan" Membawa Dua Ilmuwan Meraih Nobel

KOMPAS.com — Boson Higgs alias "Partikel Tuhan" akhirnya mengantarkan dua peneliti yang menggagasnya meraih Nobel Fisika tahun 2013. 

Peter Higgs dari Inggris dan Francois Englert adalah dua peneliti yang berbagi hadiah nobel tersebut.

Pada tahun 1960, mereka adalah dua orang peneliti yang mengajukan pandangan bagaimana materi di alam semesta bisa memiliki massa. 

Menurut dua peneliti tersebut, materi bisa memiliki massa karena adanya sebuah partikel yang memberikannya.

Boson Higgs akhirnya ditemukan pada Juli 2012 oleh tim ilmuwan dari Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN). Penemuan dikonfirmasi pada Maret 2013 lalu.

"Nobel Fisika tahun ini adalah tentang sesuatu yang kecil, tetapi membuat perbedaan besar," kata Staffan Normark, sekretaris permanen dari Royal Swedish Academy of Sciences, seperti dikutip BBC, Selasa (8/10/2013).

Englert mengungkapkan bahwa ia "sangat gembira" bisa memenangkan penghargaan ini.

"Awalnya, saya kira saya tak mendapatkannya karena saya tak menyaksikan pengumumannya," kata Englert kepada Komite Nobel usai konferensi pengumuman hadiah nobel yang sempat tertunda satu jam.

Sementara Higgs yang namanya diabadikan menjadi nama partikel mengatakan bahwa dirinya juga sangat bangga bisa memenangkan Nobel Fisika itu.

"Saya juga berterima kasih kepada mereka yang berkontribusi pada penemuan partikel ini dan kepada keluarga, teman, dan rekan kerja saya atas dukungannya," katanya.

Direktur CERN, Rolf Heuer, mengungkapkan bahwa dia bergetar mengetahui penghargaan nobel jatuh ke sebuah peneliti fisika partikel.

"Penemuan Boson Higgs di CERN tahun lalu, yang memvalidasi mekanisme Brout-Englert-Higgs, menandai puncak upaya intelektual selama satu dekade dari berbagai kalangan di seluruh dunia," katanya.

Sumber: http://sains.kompas.com/read/2013/10/08/1911094/.Partikel.Tuhan.Membawa.Dua.Ilmuwan.Meraih.Nobel
Editor : Yunanto Wiji Utomo

Ditemukan Planet Penyendiri Tak Mengorbit

WASHINGTON, KOMPAS.COM — Para astronom mengatakan, mereka telah menemukan planet penyendiri di luar tata surya, Rabu (9/10/2013). Planet itu mengambang sendirian di ruang dan tidak mengorbit ke bintang.

Merupakan planet gas yang dijuluki PSO J318.5-22, berjarak hanya 80 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa yang hanya enam kali dari Jupiter, dan terbentuk 12 juta tahun lalu, planet ini dianggap sebagai bayi yang baru lahir.

"Kami belum pernah melihat obyek mengambang bebas dalam ruang yang terlihat seperti ini. Ia memiliki semua karakteristik planet muda, ditemukan di sekitar bintang lain, tetapi melayang di luar sana sendirian," kata ketua tim peneliti Michael Liu dari Institut Astronomi di Universitas Hawaii di Manoa.

"Saya sering bertanya-tanya apakah benda soliter itu ada, dan sekarang kita tahu yang mereka lakukan."

Para peneliti menerbitkan hasil studi mereka dalam Astrophysical Journal Letters, mengidentifikasi planet ini dari gerakan dan tanda panas yang unik menggunakan teleskop Pan-STARRS 1 di Gunung Haleakala, Hawaii.

AFP PHOTO/ N Metcalfe - Pan-STARRS 1 Science ConsortiumPlanet dijuluki PSO J318.5-22, menyendiri mengambang bebas tanpa orbit, berada dalam konstelasi Capricornus yang direkam teleskop Pan-STARRS 1 di Gunung Haleakala, Hawaii.
Mereka menyarankan planet yang baru ditemukan mungkin memiliki massa terendah dibanding semua benda mengambang bebas yang dikenal.

Teleskop lainnya di Hawaii menunjukkan bahwa planet ini memiliki sifat yang sama dengan gas raksasa yang mengorbit di sekitar bintang muda, tapi PSO J318.5-22 tidak memiliki bintang sebagai rumah.

Selama dekade terakhir, para peneliti telah menemukan sekitar seribu planet ekstrasolar menggunakan metode tidak langsung, termasuk planet yang menginduksi atau meredup dari bintang induknya.

Namun, hanya segelintir planet-planet itu yang telah diamati secara langsung karena sebagian besar mengorbit di sekitar bintang muda berusia kurang dari 200 juta tahun dan sangat terang.

"PSO J318.5-22 akan menghadirkan pemandangan indah planet gas raksasa yang tengah bekerja seperti Jupiter ketika baru lahir," kata penulis Niall Deacon dari Max Planck Institute for Astronomy di Jerman.
Sumber : AFP
Editor : Fikria Hidayat